August 11, 2014

Contoh Teks Pidato Sambutan Pada Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Contoh Teks Pidato Sambutan Pada Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Teks Pidato HUT Republik Indonesia

 Cik Tomato's blog  - Assalammualaikum Wr.Wb
  Saudara – saudara sekalian dan hadirin yang kami hormati.
    Dengan memanjatkan puji syukur atas kehadirat Allah Yang Maha Kuasa pada hari ini tanggal 17 Agustus kita bisa berkumpul disini untuk memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 dalam keadaan sehat wal’afiat dan dalam lindungan – Nya.

  Saudara – saudara sekalian serta hadirin yang kami hormati.

    Setelah sekian lamanya berada dalam belenggu penjajah, pada tanggal 17 Agustus 1945 rakyat Indonesia dengan proklamasi menyatakan dirinya sebagai bangsa yang merdeka. Sebagaiman yang telah khalayak ramai ketahui bahwasanya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu dilakukan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh.Hatta atas nama bangsa Indonesia.
    Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dilakukan dengan penuh tekad dan keyakinan, dilandasi dan dijiwai oleh suatu cita – cita luhur sebagaimana dirumuskan dalam pembukaan Undang – Undang Dasar 1945.
   Bagi kita yang hidup dalam alam kemerdekaan tidak ada jalan lain kecuali mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan, mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang kita masing – masing untuk mengisi cita – cita kemerdekaan yang pada hakekatnya merupakan cita – cita luhur para pahlawan yakni terbentuknya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur material dan spiritual.
  Saudara – saudara sekalian serta hadirin yang kami hormati.
    Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, hendaklah kita sadar bahwa kita mempunyai kewajiban untuk menjaga, memelihara dan mengisi kemerdekaan yang telah dengan susah payah direbut oleh para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Dimana para pahlawan telah mempertahankan harta benda dan nyawanya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan kita dari cengkraman penjajah. Kita harus sadar bahwa tugas membangun negara adalah tugas kita bersama yang harus kita laksanakan dengan sekuat tenaga. Kita harus ikut bepartisipasi dan berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan disegala bidang, karena pembangunan yang kita laksanakan ini juga merupakan perjuangan yang tidak kalah pentingnya dengan perjuangan merebut kemerdekaan.
  Saudara – saudara sekalian serta hadirin yang kami hormati.
    Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan kali ini hendaklah kita bersatu padu dalam cinta dan rasa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan semangat membangun dan kita buktikan kepada para pahlawan kita bahwa tiada sia – sia apa yang pernah mereka berikan kepada kita, yakni sebuah kemerdekaan.
    Marilah kita berikan sumbangsih kita dalam kemajuan bangsa dan negara. Percayalah bahwa bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawanlah yang akan menjadi bangsa yang besar.
  Disamping itu marilah kita berdoa semoga arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita senantiasa mendapat tempat disisi Allah Yang Maha Kuasa, sesuai dengan amal perjuangan di masa hidupnya. Dan kita yang masih hidup semoga diberikan kekuatan lahir batin oleh – Nya untuk mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan disegala bidang demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, sehingga tercapai suasana aman, damai, tentram, adil, dan makmur material dan spiritual berdasarkan pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945 diatas ridho Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
 Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan yang baik ini, kurang dan lebihnya kami mohon maaf Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia Republik Indonesia yang ke – 69 , selamat berjuang, selamat mengisi kemerdekaan dan Merdeka!
    Wassalammualaikum Wr.Wb.
Baca juga artikel terkait:
Contoh teks pidato sambutan pada Hari Sumpah Pemuda
Contoh teks pidato sambutan pada Ulang Tahun Sahabat 
Contoh teks pidato sambutan pada Hari Ibu           

No comments: