November 21, 2014

Contoh Potensi Diri, Potensi Lingkungan, Kelebihan dan Kelemahan Diri serta Cita - Cita

Contoh Potensi Diri, Potensi Lingkungan, Kelebihan dan Kelemahan Diri serta Cita - Cita

Motivation image

 Cik Tomato's blog -   Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan tugas dari “Pak Bambang” yang mengajar mata kuliah kewirausahaan di kampus saya. Saya serta teman – teman saya mendapatkan tugas untuk mencari segala potensi diri, kekurangan diri, kelebihan diri, serta cita – cita. Nah, dibawah ini saya tuliskan sedikit tentang hal tersebut dalam diri saya, tentunya yang saya tulis ini berdasarkan pendapat teman saya,  kemudian saya sesuaikan dengan pendapat saya sendiri.
1.      Potensi diri
Potensi diri yang positif:
a. Percaya diri
b. Bisa bermain gitar
c. Saya memiliki jiwa mandiri, tidak bergantung pada orang lain tetapi bukan berarti saya bisa hidup sendiri
d. Memiliki rasa kompetitif
e. Berambisi
f. Ketegasan
g. Kejujuran
Potensi diri yang negative:
a. Emotional
b. Talkactive, Namun, disamping itu saya sering menjadi Mc dalam suatu seminar yang diadakan oleh salah satu Ukm yang saya ikuti.
c. Memiliki suara keras tetapi saya dipilih menjadi coordinator lapangan dalam Social Training Camp tahun 2014
2.      Potensi Lingkungan
a.  Memanfaatkan botol plastic bekas untuk dijadikan handicraft, seperti : Membuat bunga dari botol plastic dan gantungan kunci
b. Memanfaatkan lahan kosong dibelakang rumah untuk ditanami buah tomat dan juga cabe, hasilnya bisa dijual dipasar dan sebagian dapat dimanfaatkan untuk bahan memasak seperti membuat sambal
c.  Memanfaatkan tanaman bambu untuk dijadikan alat music, seperti angklung dan juga seruling bambu
d. Bisnis menjual pulsa elektrik, karena counter dari  kampung saya sangat jauh letaknya jadi bisnis menjual pulsa ini sangat menjanjikan
e. Membuka toko yang menjual segala obat dan pupuk pertanian, karena dilingkungan saya mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani
3.     Kekurangan dan kelebihan diri.
Kekurangan diri saya:
a.  Saya sering deg – degan jika akan melakukan segala sesuatu
b. Saya ini bukan orang yang multitasking
c. Saya tidak suka humor
d. Lambat dalam menulis namun disisi lain saya ingin apapun yang saya kerjakan itu bagus output nya
e. Saya juga mudah tersinggung, namun disisi yang lain saya sangat eka terhadap perasaan orang lain
f.  Saya terlalu mementingkan orang lain daripada diri saya sendiri
g. Saya tidak tega jika melihat orang lain kesusahan walaupun orang lain tersebut adalah orang yang paling saya benci!!!
h. Terlalu perfeksionis
i. Sebenarnya saya ini talkactive orangnya namun karena ada suatu masalah yang saya hadapi saya menjadi pendiam
j. Dalam tes psikologi yang telah saya ikuti, saya cenderung ke social service padahal hasil tes teman – teman saya ada yang menjadi polisi, TNI, guru sedangkan saya???
Kelebihan diri saya:
a. Saya teliti dalam melakukan segala sesuatu  seperti mengerjakan tugas
b. Saya pemaaf orangnya namun saya  selalu ingat apa yang sudah orang lain perbuat terhadap saya
c. Saya memiliki jiwa social yang tinggi terhadap orang lain
d. Saya sangat menghargai orang lain
e. Saya selalu mempertimbangkan segala sesuatu itu jauh kedepan
f.  Saya sangat peka dan bisa memahami perasaan orang lain
g. Saya bisa memecahkan masalah orang lain dengan baik dan tepat namun terkadang untuk memecahkan masalah yang saya hadapi sendiri itu sedikit susah
h. Saya ini tipe orang yang tidak mudah putus asa serta tidak mau mengalah dalam persaingan
i. Sebagai seorang wanita, saya bukan lah tipe orang yang mudah menangis namun bukan berarti saya tidak bisa menangis
j. Saya merupakan seorang wanita yang kuat dan mandiri dalam artian jika sekiranya saya mampu melakukan sesuatu itu sendiri maka saya tidak  pernah minta bantuan orang lain
4.      Cita – Cita
a. Saya ingin cepat lulus kuliah 3,5-4 tahun
b. Saya ingin menjadi lecturer di University Sains Malaysia, di kampus utama yang berada di Penang, Malaysia
c. Setelah lulus saya ingin menjadi writer di Google dan bisa pay out dari google adsense setiap bulannya dan ini merupakan dambaan bagi setiap publisher google
d. Saya ingin membuka boutique tapi khusus untuk baju anak – anak, penjualan berupa offline &online
e.  Saya ingin membuka counter di kampung saya
f. Saya ingin berbakti kepada kedua orang tua saya dengan cara membesarkan usaha orang tua saya yakni usaha pembuatan makanan ringan.
   Nah, kurang lebih seperti inilah artikel yang dapat saya tulis, semoga dapat bermanfaat kedepannya. Ingat ya? Segala kekurangan kita itu sebenarnya  adalah kelebihan kita, dan jika ada kelebihan, maka kita harus memupuknya agar kelak kita dapat menjadi orang yang expert dan berguna bagi keluarga, agama serta negara Indonesia tentunya. Salam Sukses serta salam satu Indonesia, INDONESIA pasti BISA!!!

“Be Your Self And Be a Leader Not a Follower”
Sumber:http://fatikacun.blogspot.com/2014/11/contoh-potensi-diri-potensi-lingkungan_60.html

4 comments:

Yudizoom said...

wew ini pasti Blognya kakak tingkat O.o

Yg kemarin ospekin saia XD

Cik Tomatos said...

oh iya.. kamu namanya siapa ya? jurusan?

Hamba Allah said...

Mba saya mau tanya, tentang arti inisiatif dan inisiatif mba itu apa jika mba ingin bekerja diperusahaan ?

aguswibowo007 said...

makul KWU, pak Bambang S. N. hehe.. :D