August 13, 2014

Contoh Teks Pidato Sambutan Pada Hari Sumpah Pemuda

Contoh Teks Pidato Sambutan Pada Hari Sumpah Pemuda

Teks Pidato Sambutan Pada Hari Sumpah Pemuda

 Cik Tomato's blog -  Tahun yang lalu di kampung saya mengadakan upacara untuk memperingati hari sumpah pemuda. Saya diminta untuk memberikan sambutan pada hari sumpah pemuda tersebut. Karenanya saya harus membuat teks pidato guna mempersiapkan sambutan saya pada hari sumpah pemuda tersebut. Contoh teks pidato tersebut kurang lebih adalah sebagai berikut.
Baca juga: Contoh teks pidato sambutan pada ulang tahun sahabat
                Contoh teks pidato sambutan pada proklamasi kemerdekaan republik Indonesia
Saudara – saudara dan para  hadirin yang saya hormati.
  Pada kesempatan yang berbahagia ini marilah kita mensyukuri atas segala nikmat, rahmat dan barakah yang telah dilimpahkan Allah kepada kita, sehingga pada pagi hari ini kita masih diperkenankan memperingati hari sumpah pemuda yang setiap tahun selalu kita peringati bersama.
  Hadirin yang kami hormati. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya pada tanggal 28 Oktober 1928 yang lampau bangsa Indonesia menunjukkan tekatnya sebagai bangsa yang merdeka, sebagai bangsa yang bersatu dan mampu berdiri sendiri serta sebagai bangsa yang mempunyai keyakinan atas masa depannya. Sumpah pemuda merupakan sumpahnya bangsa Indonesia untuk mengakui, memiliki, memperjuangkan dan mempertahankan tanah air, bangsa, dan bahasa yang terungkap dalam isi sumpah pemuda itu sendiri. Dengan demikian maka janji dan Sumpah Pemuda Indonesia wajib kita lestarikan dan kita perjuangkan demi terwujudnya cita – cita kemerdekaan yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945 serta ridha Allah Yang Maha Kuasa.
  Hadirin yang kami hormati. Dari zaman ke zaman senantiasa kita menuju ke kemajuan – kemajuan yang berhasil kita capai bersama. Keberhasilan itu tidak lain adalah berkat kerja keras kita seluruh bangsa Indonesia yang dengan semangat penuh kesadaran sebagai bangsa yang sedang membangun bangkit mengisi kemerdekaan yang telah dicapai oleh para pahlawan kita yang telah gugur mendahului kita di medan perang sebagai kusuma bangsa.
  Didalam memperingati hari Sumpah Pemuda kali ini hendaknya kita meningkatkan daya juang kita dalam pembangunan di segala bidang dan hendaknya kita ikut berperan aktif serta berpartisipasi dalam pembangunan tersebut, sehingga dengan demikian tidak sia – sia amanat dari pahlawan kita yang hingga kini masih tetap kita pegang teguh.
Hadirin yang kami hormati.
  Dengan semangat bersumpah pemuda, dengan bertanah air satu tanah air Indonesia, dengan berbangsa satu bangsa Indonesia, dan dengan berbahasa satu bahasa Indonesia, kita wujudkan cita – cita luhur bangsa, kita rapatkan bariskan untuk menyatukan tekad lebih kokoh lagi, sehingga tidak member peluang sedikit pun kepada pemalas yang hanya berpangku tangan, menghitung bintang dilangit.
  Dengan kerja keras seluruh bangsa Indonesia yang diilhami oleh semangat sumpah pemuda, maka diharapkan benar – benar masyarakat adil dan makmur bisa terwujud dalam waktu yang tidak lama lagi.
  Dengan semangat sumpah pemuda marilah kita tingkatkan darma bakti kita pada bangsa dan negara melalui pembangunan disegala bidang, kita harus berbuat baik dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa serta mampu menyelesaikan semua tantangan yang ada di hadapan kita.
  Demikian lah sambutan yang dapat kami sampaikan, semoga Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada bangsa Indonesia, untuk meneruskan pembangunan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan sesuai yang diamanahkan dalam sumpah pemuda serta kami memohon maaf jika sekiranya apa yang kami sampaikan ini kurang berkenan dihati sauadara semua. Terimakasih atas partisipasinya.
Wassalammualaikum Wr.Wb.
  Demikian contoh teks pidato sambutan pada hari sumpah pemuda yang dapat saya tulis. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat buat kita semua. Be your Self and Be a leader not a follower. Thanks a lot.


No comments: