August 10, 2014

Cara Mengatasi Modem Tidak Mau Connect Ke Internet


Modem Error lalu nampak tulisan seperti ini
Cik Tomato's blog - Tempo hari saya browsing mencari tugas buat kuliah saya. Namun, ketika saya lagi asyik – asyiknya browsing tiba – tiba modem yang saya gunakan itu tidak bisa connect ke internet padahal sinyal bagus tetapi ada keluar tulisan seperti gambar disamping ini.
Perlu diketahui, disini saya menggunakan modem telkomsel flash, huawai dengan software mobile partner.
Baca juga:
Cara setting modem Telkomflash 
   Saya tidak tahu kenapa modem saya tidak bisa connect ke Internet padahal saya sudah mensetting modem saya tersebut. Dengan cara pilih menu Tools - Options – Profile management – Advanced.
Biasanya kalau modem saya tidak bisa connect ke internet, lalu saya setting seperti itu biasanya modem saya langsung bisa connect ke internet. Namun hari itu entah kenapa modem saya tak bisa di connect kan dengan internet. Saking penasarannya, karena modem saya tidak bisa connect, saya mencoba uninstall mobile partner saya tersebut kemudian saya install lagi, namun lagi – lagi modem saya belum bisa connect. 
Setelah saya telusuri, ternyata “File RAS ( Remote Access Service ) yang terblokir (c: “\windows\system32\ras”) dan kesalahan pada konfigurasi protocol PPP ini menjadi penyebab modem saya yang tidak bisa connect ke internet. Jadi dari sini kita dapat ketahui bahwasanya error yang terjadi dengan modem saya tersebut tidak ada hubungannya dengan settingan pada modem itu sendiri. Untuk mengatasi error RAS tersebut kita harus mereset TCP/IP melalui command prompt (CMD) . Caranya adalah sebagai berikut :

  •     Cabut Usb modem yang kita gunakan
  •     Lalu Buka command prompt (CMD) : Dengan cara klik start – run – ketik CMD – enter
  •     Masukkan perintah “netsh int ip reset c:\resetlog.txt”( tanpa tanda petik) – enter
  •     Kemudian restart computer ataupun laptop kita
Script di cmd yang telah saya praktekkan
Nah, apa yang dapat saya tulis ini adalah berdasarkan dari pengalaman pribadi saya sendiri. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat buat rekan semua. Terima kasih.

Sumber:http://fatikacun.blogspot.com/2014/08/cara-mengatasi-modem-tidak-mau-connect-ke-internet-adalah.html




33 comments:

Galih Anfasa said...

thanks for it, it works.. :)

Cik Tomatos said...

Ok guys.. :)

Anonymous said...

Mbak kok access denied ya kenapa?

Cik Tomatos said...

Maaf ya? saya hanya mempraktikkan apa yang saya ketahui... sepengetahuan saya ada kemungkinan kartu sim rusak, provider error atau kalau tidak karena modemnya. Namun, hal yang sering dijumpai ialah pada kartu sim anda yang rusak... terimakasih atas kunjungannya.

Unknown said...

Terimakasih agan
fatika..
Kebetulan tadi malam modem Huawei saya juga kena error beginian. Gak tak penyebabnya apa, entar ingat2 lagi penyebabnya. . Nanti saya akan coba setelah pulang kerja..

Cik Tomatos said...

iya gan... hehehe semoga bisa ya? stress juga kalo modem kita gak bisa connect ke internet...
Terima kasih atas kunjungannya ya? :)

berbagi said...

Klo akses denied pakenya command prompt(admin) klik kanan d ujung kiri bawah pada desktop

Cik Tomatos said...

ok @berbagi...
Terima kasih infonya ya?
Nambah pengetahuan ini...:)
Terima kasih juga sudah berkunjung...
Sorry lama reply lg sibuk ama kuliah bro...

Unknown said...

Makasih gan infonyaaa :) udah bisa connect lagi

Unknown said...

bro,modem w telkomsel flash movi max pake kartu 3 awalnya lancar bt browsing trs skrg sinyal ada tp ga bs bt internetan hbs itu malah ga da sinyal sma sekali. solusinya gmn ya bro? txs.

YAYA said...

ijin coba om

Cik Tomatos said...

@rizky...ok bro :) sama2
@agus.. maaf sebelumnya mas agus, apa didaerah mas tinggal itu agak kampung ya tempatnya sehingga kemungkinan hal tersebut disebabkan karena mmg sinyalnya tak bagus. saya juga sering kayak gt, kbetulan saya juga guna kartu 3 dan tempat tinggal sy mmg masi desa gt ya jadi kemungkinan sinyalnya itu tidak stabil, biasanya kalau seperti itu sy disconnect dl mas, br sy connectkan lagi, alhamdulillah bisa tp ya gt lola mas..
@ yaya... iya mangga :)
@all.. Terimakasih atas kunjungannya ya? :) mohon maaf jarang online, bnyk tugas sob

Unknown said...

Kok failed

Cik Tomatos said...

@Andos.. failednya gimana mas?
Mohon maaf ya kalau cara diatas tidak bekerja untuk mengatasi masalah modem anda, karena saya hanya menulis apa yang sudah saya praktekkan...
Terima kasih atas kunjungannya.

visitor said...

thanks! berhasil tips nya


kalo failed, klik kanan di CMD -> Run as Administrator

Cik Tomatos said...

@visitor... ok, terima kasih atas kunjungannya ya? :)

Unknown said...

Waah thanks! It works! Cuma gw nambah dikit,klo masih ga connect ;
-setting
-setting preferences
-general
-Ubah NDIS jadi RAS (modem)
-Ok ^^

Unknown said...

Waah thanks! It works! Cuma gw nambah dikit,klo masih ga connect ;
-setting
-setting preferences
-general
-Ubah NDIS jadi RAS (modem)
-Ok ^^

Cik Tomatos said...

@lucky... ok, terima kasih atas kunjungan dan tambahannya ya? heheheee
Sukses selalu buat kita semua

Unknown said...

ok

Cik Tomatos said...

@produsen syal... ok,terima kasih ya? :)

Diyan Purwantoro said...

tak coba dulu gan moga work

Cik Tomatos said...

@Siti Munawaroh... Ok sis..
Semoga berhasil, dan terima kasih atas kunjungannya ya?
:)

Unknown said...

Error 619: a connection to the remote computer bla bla bla, ada solusinya? Klo ada tolong replay syukriabul@gmail.com ya pak. Thanks

Cik Tomatos said...

@Syukri.. iya udah sy kirim pak beberapa waktu yang lalu dan alhamdullilah jika masalah bapak sudah terselesaikan, Terima Kasih atas kunjungan anda ya?

Cik Tomatos said...

Bagi siapa saja yang memiliki problem yang sama yaitu error 619 perlu kathui hal berikut:
Umumnya error seperti ini bisa terjadi pada semua tipe modem n semua provider.
Penyebab Error 619 pada Modem USB, di antarnya:
1. Jaringan provider yang kita pakai sedang mengalami gangguan.
2. Error pada driver modem USB atau kabel koneksi ke komputer
3. Belum melakukan aktivasi GPRS dan 3G.
4. Kita menggunakan kartu yang pulsanya KOSONG.

Solusi Mengatasi Error 619 pada Modem USB No 1:
BERSABAR.adalah solusi yang tepat mengatasi masalah ini. kita menunggu saja sampai teknisi dari provider kita menyelsaikan perkerjaan mereka memperbaiki jaringan di tempat proveder tersebut berkerja.

Solusi Mengatasi Error 619 pada Modem USB No 2:
Solusi dari masalah nomer 2 anda bisa menggunakan cara ini:
1. Klik kanan My Computer >> Properties >> Hardware >> Device Manager >> Universal Serial Bus Controllers.
2. Cari USB Mass Storage Device kemudian uninstall
3. Silahkan sambungkan kembali Modem anda ke PC
4. Biarkan Komputer menginstall kembali driver Modem anda
5. Buka mobile partnernya kemudian setting pengaturan profil ( sambungan untuk koneksinya )
6. Silahkan coba untuk mengkoneksikan kembali modem anda ke internet.
Kalau masih belum berhasil juga, cobalah langkah di atas sekali lagi. dan jika masih saja tidak mau terkoneksi, uninstall mobile partnernya dan install kembali atur settingan profilnya dan koneksikanlah.

Solusi Mengatasi Error 619 pada Modem USB No 3:
Tentu saja dengan mengaktifkan fitur GPRS dan 3G sesuai dengan provider yang anda gunakan. Terkadang orang sering lupa mengenai hal yang satu ini, ingatlah bahwa anda tidak akan bisa berinternet ria bila belum mengaktifkan GPRS ataupun 3G. Setelah mengaktifkan GPRS dan 3G silahkan anda mengkoneksikan Modemnya.

Kemudian jika seandainya belum bisa lagi maka anda dapat disable atau turn off firewall dan anti virus karena hal ini bisa block access ke port VPN.Nah, untuk referensi anda bisa kunjungi www.wiknix.com, web tersebut sangat membantu saya dalam menyelesaikan beragam problem.

Unknown said...

malam mb fatika mau tanya klo modem saya huawei selama ini gk pernah masalah tp sdh 1 minggu di bln nov sy mau pake gak bisa connect dan sy sdh coba 3x uninstall mobile parthner trus coba connect lg tetap gak bisa malah muncul tulisan: operation could not complete because it can not start a remote access connection manager service within..so ada solusi yg bisa membantu dr mba fatika. klo ada boleh kirim ke email saya: ihcallm10@gmail.com...makasih

Cik Tomatos said...

@ihram ical... kalo bole tau munculnya error berapa?kan ada banyak kode error pada modem dari 600 sekian hingga 78xxx. Mohon maaf klo baru bls sy jrg update, ni lg ujian tengah semester. Ya, coba saja dibrowsing dulu mas, kode errornya berapa n cara mengatasinya bagaimana, pasti ada solusinya. Sebenarnya sama saja mas, saya ini juga masih belajar(newbie) malah bisa jadi mas ihram ni lebih pinter daripada saya, heheehee.

Resep Gogon said...

Makasih Infonya mbk fatika"
akhirnya modemm udah bisa koneg kembali
thnkzz !!!

Cik Tomatos said...

Iya mas@Resep Gogon... Terima kasih atas kunjungannya :)

Charis said...

Makasih cara mengatasi modem tidak connect

Salam Tekno said...

Masih belum bisa connect mba, tolong dong

Unknown said...

Terimakasih banyak, modem saya connect lagi nih.... Semoga kebaikannya dibalas Allah SWT dengan yg lebih baik ya...