August 11, 2014

Tips Cara Belajar Seumur Hidup STMIK Sinus

Tips Cara Belajar Seumur Hidup



      Tidak semua orang bisa berkesempatan menyambung belajar ke perguruan tinggi dan mengambil segala sesuatu pengetahuan serta keterampilan baru. Tetapi sebenarnya kita bisa meningkatkan pengetahuan diri dengan mempelajari cara untuk belajar dari universitas kehidupan. Belajar itu tidak harus di bangku kuliah menurut saya. Kita bisa belajar dimana pun kta berada. Apalagi saya tipe orang  yang sangat gemar membaca, entah itu membaca buku, novel, majalah, Koran, ataupun sejenisnya yang penting memberikan manfaat serta perubahan cara pandang dan berfikir saya. Melalui blog ini saya akan memberikan tips sedikit banyaknya dapat memberikan panduan tentang cara untuk belajar seumur hidup. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut :
  • Membina kesadaran kepentingan menuntut ilmu.
Hayati serta renungkanlah keajaiban yang ada pada ilmu. Buka minda serta jiwa rekan semua pada pengalaman dan pembelajaran seumur hidup. Perlu rekan semua ketahui bahwasanya pembelajaran adalah suatu proses mematangkan seseorang supaya menjadi manusia yang lebih bermakna. Akan tetapi, sesuatu itu akan menjadi sangat sukar apabila bertentangan dengan kepercayaan dan prinsip hidup kita. Walau apapun itu, belajarlah dari kehidupan.
  •      Tidak menyempitkan cara belajar      
Sebagian ada orang yang suka menentukan cara belajar yang ia sukai. Terkadang saking cerewetnya dengan cara untuk belajar sehingga ia tidak  pernah mempunyai waktu untuk belajar. Jangan bersikap sedemikian. Terimalah hari – hari dalam hidup rekan semua sebagai suatu proses pembelajaran. Perhatikan disekeliling rekan semua, dan pelajari apa – apa yang rekan semua belum ketahui.
  •       Menggunakan waktu luang dengan sesuatu yang bermanfaat
Begitu banyaknya waktu luang yang terbuang sia – sia dalam hidup ini saat kita melakukan beberapa aktivitas rutin, seperti ketika kita tengah menunggu rekan atau ketika kita berada diangkutan umum. Sebenarnya kita bisa melakukan banyak proses pembelajaran dalam waktu luang tersebut. Kita bisa membaca buku, novel, Koran atau pun sekedar mendengarkan musik ataupun radio. Aktivitas – aktivitas tersebut sangat dianjurkan untuk kita karena bisa menambah pengetahuan kita. Dengan melakukan hal – hal yang sedemikian kita dapat merubah cara pandang dan berfikir kita untuk menjadi yang lebih baik lagi kedepannya.
  •      Kita harus menjadi seperti bayi yang selalu ingin tahu
Binalah perasaan inquisitive dalam hidup kita. Perasaan inquisitive adalah suatu perasaan yang ingin mengetahui tentang segala sesuatu, apapun itu. Terkadang terselip bermacam – macam pertanyaan di benak kita tentang segala sesuatu, seperti apa sih sebenarnya yang membuat pesawat terbang dapat terbang dengan tingginya beserta awak kapal dan penumpang didalamnya? Lalu kenapa sih awan itu bisa berwarna biru? Kemudian bagaimana sih cara kerja dari suatu satelit itu? Kalau satelit tidak ada di muka bumi ini apa yang akan terjadi dengan kehidupan  kita?  Lalu kenapa televisi itu bisa mengeluarkan gambar serta suara? Nah, ini sedikit contoh pertanyaan – pertanyaan yang khalayak ramai belum ketahui jawabnya dan masih banyak lagi pertanyaan – pertanyaan yang belum kita ketahui. Kalau kita tak tahu kenapa kita tak bertanya?
  •      Bertanya terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu
Kita sering kali menjumpai hal – hal yang belum pernah kita kerjakan dan itu nampak asing bagi kita, namun mungkin itu sangat mudah sekali bagi orang lain. Disaat yang seperti itu alangkah baiknya kita bertanya pada orang lain yang lebih berkompeten.
  •      Mencari peluang untuk pengalaman baru.
Jangan segan untuk ikut dan mencoba sesuatu hal yang baru. Banyak aktivitas dalam hidup ini yang bisa kita jadikan untuk pengalaman sebagai media pembelajaran.
  •      Browsing internet
Seluruh dunia pasti tahu umumnya bahwa internet itu seperti perpustakaan yang sangat besar, didalamnya tersimpan milyaran bahkan trilyunan buku yang bermanfaat. Dari sinilah rekan rekan bisa belajar dengan bebas tak terbatas. Namun lebih baik, belajarlah cara untuk mencari laman web yang tepat dengan informasi yang kita inginkan.
  •      Belajarlah dari kesalahan
Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, tak terkecuali dengan diri saya pribadi. Hanya nabi Muhammad SAW yang maksum dan dipelihara oleh Allah SWT dari segala dosa. Kita bisa belajar dari kesalahan diri sendiri ataupun orang lain. Perhatikan kegagalan kita dan orang disekeliling. Renungilah dan kenali dengan pasti kelemahan serta kesalahan yang telah terjadi. Coba perbaiki kesalahan tersebut dan hindari untuk mengulangi kesalahan yang sama. Ingat, Orang akan dikatakan sebagai orang yang bodoh jika mengulang kesalahan yang sama.
Terima kasih, semoga bermanfaat dan dapat merubah cara pandang serta berfikir rekan semua kedepannya menjadi lebih baik lagi. Amen.


No comments: