November 24, 2014

Kuliner khas di kota Solo Terlengkap

Gambar diambil dari kuliner.panduanwisata.com

 Cik tomato's blog -  Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga memiliki beragam kebudayaan dan juga wisata kuliner tentunya. Nah, di tempat tinggal saya di kota solo memiliki beragam kuliner yang patut kita coba, jika sekiranya ada kerabat anda atau bahkan anda ke solo maka tidak lengkap rasanya kalau tidak memakan makanan kuliner khas solo. Kuliner khas di kota solo antara lain sebagai berikut :
-          Tengkleng
  Siapa yang gak tahu tengkleng?Makanan khas dari solo yang terbuat dari santan serta daging kambing, tetapi pada khususnya tengkleng terdiri atas tulang – tulang kambing yang masih ada sedikit daging yang tertempel pada tulang tersebut. Di solo sendiri tengkleng yang terkenal adalah tengklengnya Bu Ediyem di Pasar Klewer Solo. Tepatnya di samping Gapura Pasar Klewer. Makanan khas kota solo yang satu ini harus dicoba, karena rasanya yang begitu uenakk rek… Mantaaap pokoknya.
-          Sate Kere
  Nah, untuk orang yang tinggal di sekitar kota solo pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya sate kere. Namun, bagi orang awam tentunya akan bertanya-tanya sate kere itu apa sih? Namanya kok aneh? Ok, saya jelaskan sate kere itu merupakan sate yang terbuat dari gambus ( ampas tahu). Cara pembuatannya sama seperti sate pada umumnya. Namun, yang membedakan sate kere ini dari sate yang lain adalah bahannya yang terbuat dari ampas tahu. Nah, karena sate ini terbuat dari ampas tahu inilah makanya disebut sate kere.
-          Timlo
  Timlo merupakan salah satu makanan khas kota solo. Timlo ini biasnya disajikan dengan sepiring nasi yang masih hangat. Timlo sendiri isinya terdiri atas potongan daging ayam serta jerohan seperti ati rempela, telur ayam pindang, potongan – potongan resol, serta kuahnya mirip dengan kuah sop dan agar lebih nikmat diatap timlo tersebut diatburi dengan bawang goreng. Timlo di kota solo yang terkenal adalah Timlo Sastro yang tepatnya dibelakang pasar gede solo. Bagi anda yang sekarang lagi jalan – jalan di kota solo, atau hanya sekedar singgah di solo, maka tidak lengkap rasanya, jika tidak mencoba Timlo Sastro ini.
-          Cabuk rambak
  Apa itu cabuk rambak???Cabuk rambak merupakan makanan atau bisa dikatakan sebagai jajanan di kota solo yang menu utamanya adalah ketupat. Ketupat disini biasanya disebut dengan gendar janur. Kenapa bisa disebut dengan gendar janur? Yups, benar. Karena beras ini dimasak didalam anyaman janur. Janur itu merupakan daun kelapa yang masih muda. Anda pasti bertanya – tanya lantas apa bedanya dengan  ketupat pada umumnya? Nah, yang membedakan ketupat ini dengan ketupat pada umumnya adalah terletak pada bumbunya. Bumbu Cabuk Rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabal, kemiri ,bawang putih, dan gula jawa( yang sering disebut dengan gula merah). Cabal rambak ini lagi sedap disantap dengan karak, dan lebih greget lagi dimakan dengan mempergunakan lidi.
-          Dawet Tlasih
  Dawet tlasih ini terkenal dengan dawetnya pasar gede karena dawet tlasih ini biasanya dijumpai di sekitar kawasan Pasar gede, kota solo. Isi dari dawet tlasih ini adalah nangka, bubur sumsum, ketan hitam, biji telasih serta cendol dengan kuah santan yang diberi pemanis dari gula jawa(sering disebut gula merah). Lalu apa yang membedakan dawet tlasih dengan dawet yang lainnya??? Yups, benar yang membedakan adalah rasanya yang khas serta lokasinya yang banyak dikenal orang. Dawet tlasih inilah yang membuat kangen para perantau pada kampung halamanya.
-          Serabi kota solo
  Serabi adalah sejenis makanan yang bahan adonannya terdiri atas santan, gula, garam, tepung beras, serta daun pandan untuk memberikan aroma yang khas. Bahan lainnya yang kemudian dipanaskan dalam suatu cetakan berupa wajan kecil yang kemudian ditutup dengan penutup dari tanah liat supaya serabi mekar. Serabi memiliki tekstur kenyal namun tetap lembut dan rasanya sangat legit. Nah, berbicara tentang serabi ini, saya jadi teringat akan kue canai yang dulu pernah saya beli sewaktu saya masih di Malaysia. Kue canai ini rasanya hampir mirip dengan serabi. Namun yang membedakannya adalah kue serabi ini bentuknya agak kecil namun tebal dan warna tengahnya agak putih serta pinggirnya memiliki warna sedikit  kecoklatan  serta yang membuat orang Indonesia sedangkan kue canai, bentuknya lebih lebar dibanding dengan serabi tapi tipis serta warnanya coklat untuk keseluruhannya dan yang membuat adalah orang india asli.
  Nah, bagaimana? Bangga tidak dengan negara kita? Negara Indonesia yang ternyata kaya akan kuliner. Makanan serta minuman yang saya sebutkan diatas hanyalah sedikit contoh makanan khas dikota solo. Itu pun  belum semuanya saya sebutkan dan masih dalam lingkup kota solo saja. Bagaimana dengan kota – kota disekitar solo? Wah ternyata Indonesia itu tidak hanya kaya akan SDA saja ya? Tetapi kulinernya juga. Maka berbanggalah jadi orang Indonesia…!!! Salam satu Indonesia, INDONESIA pasti BISA!!!

“Be Your Self and Be a Leader Not a Follower”


Baca juga artikel ini ya : Resep Sup Tulang Rawan






No comments: