December 4, 2013

Wawasan Cinta Alam

Wawasan Cinta Alam 



Cik Tomato's blog -Wawasan cinta alam adalah cara pandang, cara berpikir dan persepsi seorang pecinta alam dalam  melaksanakan aktivitinya di alam terbuka.Misal nya pic kat bawah ni i ambik mase kat Parang Dhog ,Parangtritis,jogjakarta ,Indonesia.mase tu i ngan kawan i camp ceria kat sane.
so amazing...Subhanallah,begitu indahnya view kat sane..Cube bayangkan la bila suatu mase kita sorang-sorang kat bukit ke puncak gunung ke and tengokla Betapa indahnya Alam ni yang diciptakan Allah wat hambanya,kata Subhanallah tak kan henti-hentinya terlafaz dari bibir kita.Tapi apa kita dapat lakukan tuk besyuko???nothing!!!just say"Subhanallah....OMG

# jika suatu mase  kita menatap keindahan alam dan menikmati merdunya kicauan burung dan menghirup udara pagi, lepastu kita mendenga sore mesin penebang pokok dan pokok roboh, or tiba-tiba kita mendenga sore senapan hunter, apa yang kita rasakan?? jika suatu mase kawan  perjalanan kita kat mount tejatuh  dan mengalami accident, apa yang kita lakukan??, Bila kita berada di gunung dan melihat sampah yang berserakan disepanjang jalur pendakian, apa yang kita perbuat??, Apa yang kita rasakan ketika nyawa kita tinggal tergantung pada seutas tali??, Apa yang kita rasakan waktu kita berada bersame-same ngan  Pecinta Alam yang lain pada suasana api unggun yang begitu harmonis??, Apa yang kita rasakan setelah kita turun dari gunung, kembali kerumah dan menikmati kopi susu sambil mengingat perjalanan yang baru kita lakukakn bersama-sama dengan rekan kita?? Dari pertanyaan-pertanyaan diatas menunjukkan nilai-nilai yang ada pada seorang Pecinta Alam yang timbul karena pengalamannya di alam terbuka. Nilai-nilai ini muncul bukan karena diajari atau dipelajari, nilai-nilai ini timbul lewat suatu proses setelah dia merasakan interaksinya dengan alam. Setelah seorang pecinta alam merasakan suatu Keindahan Alam  ciptaan Tuhan, merasakan suatu penderitaan dan perjuangan di alam, merasakan suatu rasa kebersamaan dengan sesama pecinta alam, merasakan suatu ketegangan dalam menghadapi resiko, merasakan suatu keinginan untuk kembali ke alam dan bertualang di alam.


————— NILAI – NILAI YANG DIMILIKI PECINTA ALAM —————


 Ade beberapa nilai yang dimiliki pecinta alam semisal:

1.Nilai Religius : Yaitu suatu pengakuan akan kuasa Tuhan Yang Maha Esa karena keagungan ciptan-Nya. 2.Nasionalisme : Rasa cinta akan bumi Indonesia dan bakti kepada bangsa dan tanah air.
3.Konservasi : Yakni suatu kepedulian akan kelestarian lingkungan hidup.
4.Solidaritas : Yaitu rasa kebersamaan yang erat antar sesama pecinta alam yang telah menganggap kalangan    sebagai sesama saudara.
5.Kepedulian Sosial : Pecinta alam peka terhadap keadaan sosial masyarakat disekitarnya yang tumbuh dari    kecintaannya akan alam.
6.Keberanian : Pecinta alam telah terlatih untuk berani menghadapi bahaya karena banyak kegiatannya      mengandung resiko yang membahayakan.
7.Perjuangan dan Mempertahankan Diri (struggle & survive): Pecinta alam terlatih untuk mempertahankan    hidupnya di alam bebas dan berjuang untuk tetap hidup dan selamat
8.Petualangan : Pecinta alam selalu merasakan kebutuhannya akan suatu tantangan baru dan rasa selalu ingin  melakukan petualangan.
#Tapi menurut i Nilai religius tu kurang sket la pasal mase i kat camp ceria tu x de orang tunaikan sholat,i ok join mreka tapi macam x selesa sket ngan kawan i tu,nak tego pown x brani la jadi i just nk himbau korang sume,sape2 yg ikut pecinta alam ,jangan lupa Sholat ye?tu penting sangat wat bekal kita kat akhirat kelak, ok? :)
  •  Nilai-nilai di atas umumnya bole kita jumpai pada para pecinta alam yang telah banyak melakukan aktiviti di alam terbuka. but kita bole juga tengok banyak pendaki gunung  memiliki nilai-nilai ni malahan vandalis, menulis nama di pohok dan batu, memetik bunga “edelweis”, membawa tape compo sehingga suasana alam menjadi seperti diskotik. Tindakan seperti itu bukanlah tindakan seorang pecinta alam. Kode Etik Pecinta Alam Indonesia Dan Wawasan Cinta Alam. Sejak tahun 1974, kalangan pecinta alam telah memiliki kode etik. Kode etik merupakan suatu perangkat prinsip-prinsip moral dalam masyarakat pecinta alam yang disusun untuk dijalankan oleh kalangan pecinta alam. Kode etik ini menggambarkan nilai-nilai moral pecinta alam, tanggung jawab pecinta alam, dan pernyataan sikap pecinta alam. Walaupun hanya merupakan hasil konsensus pada gladian IV tahun 1974 di Ujung Pandang, kode etik ini telah dipakai oleh seluruh organisasi yang menamakan dirinya pecinta alam. 
  •  Wawasan cinta alam merupakan pengarah dalam setiap tindakan yang akan dilakukan di alam terbuka dan dalam kehidupan pecinta lam.
  •  Dasar dari wawasan pecinta alam adalah hakekat kita sebagai manusia yang diciptakan Tuhan yang bertanggung jawab terhadap Tuhan, masyarakat, negara, dan bertanggung jawab untuk melestarikan alam serta perasaan sesama pecinta alam sebagai satu keluarga. Itu semua telah dijabarkan secara lengkap dalam kode etik pecinta alam Indonesia.
  •  Bagian pertama kode etik menjelaskan akan kesedaran pecinta akan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam dan segala isinya, kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai makhluk ciptaan yang harus bersosialisasi dan memiliki rasa kebangsaan, serta kesadaran akan persaudaraan yang erat sesama pecinta alam yang mencintai alam yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa. 
  •  Bagian kedua kode etik pecinta alam adalah pernyataan dari pecinta alam setelah ia sadar akan hakekatnya.
  •  Terdapat enam pernyataan yang intinya menunjukkan relation dengan Tuhan, alam, dan sesama manusia. Sebagai pecinta alam kode etik ni mesti dipahami, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai diatas bukan hanya diterapkan di alam terbuka, nilai-nilai tersebut harus dilaksanakan dalam peran kehidupan kita sehari-hari dalam masyarakat. Eksistensi pecinta alam saat ini diakui dalam masyarakat Indonesia. Pecinta alam sudah tidak dikonotasikan buruk lagi, tapi telah diakui sebagai suatu masyarakat sebagai suatu masyarakat yang berkarya. Banyak konsep pelestarian lingkungan datang dari kalangan pecinta alam.

————————— PERAN SEORANG PECINTA ALAM —————————

Beberapa peran dari pecinta alam yaitu;
 * Peran Dalam Pelestarian Alam Pelestarian lingkungan merupakan kewajiban bagi seluruh pecinta alam.      Pecinta alam harus menunjukkan perannya start dari lingkungan sekitarnya.
 * Peran Dalam Ilmu Pengetahuan Alam memberikan banyak pelajaran dan pengetahuan kepada manusia,    pecinta alam mesti banyak menimba ilmu dari alam, mempelajari serta mengaplikasikan pengetahuan  tersebut kepada khalayak rame
  •  Ketiga peran pecinta alam diatas menggambarkan tanggung jawab seorang pecinta alam.supaya keberadaan pecinta alam diterima sepenuhnya dan dihargai oleh masyarakat, kita mesti melaksanakan peran kita sebagai pecinta alam dalam life kita
#Mohon maaf ye jika saya pnya bahase campo-campo(Malindo),Semoga bemanfaat ...

No comments: