December 22, 2013

Membuat Relasi Access 2007

Membuat Relasi pada Access 2007


Dibawah ini adalah cara membuat relasi pada MS.Access 2007 yang tadi pagi Dosen saya baru mengajarkannya(Ibu comeyy,hehehee sorry ya bu just nak gurau jew).,memang mudah ternyata,tapi tadi masa praktikum saya pun masi kebingungan membuat sebuah relasi dari tabel yang telah saya buat.
Dengan adanya relasi antar table (Relationship) kita bisa membuat QueryForm, dan Report yang datanya diambil lebih dari satu table.
Misalnya kita membuat sebuah report tentang penjulan barang. Tentunya kita memerlukan data dari table penjualan, karyawan, barang. Bila kita hanya menggunakan satu table misalnya penjualan, data nama karyawan dan nama barang tidak dapat ditampilkan karana dalam table penjualan kita hanya membuat field kode barang sebagai penghubung untuk mengambil data di table barang. Sehingga untuk mengambil informasi dari table lain kita perlu melakukan relasi antar tabel(perlu diketahui bahwasanya jika kita nak buat suatu relasi maka kita perlu membuat 2 table dalam satu database/,satu folder,kerna mase praktikum tadi saya membuat table dengan berlainan database dan saya ada cakap ngan bu comeyy,Bu comey cakap jika sekiranya nak buat relasi,2 table tadi mesti berada pada satu database,kerna tadi saya save ngan berlainan database maka saya mesti buat 1 table lg,huhh...buat sengal btol la :( ,.)
  • kat bawah nila cara buat relasi;
  • Pastikan kita sudah membuat Primary Key pada table utama.(Primary key = Primary key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik.
  • Pada tab Database Tools, di group Show/Hide, klik Relationships
  • jika kita baru pertama membuat relasi maka akan muncul dialog Show Table. Bila tidak muncul klik kanan pada area Relationship kemudian klik Show  Table . Masukkan semua table yang diperlukan dengan klik Add
  • Klik field pada table kemudian drag ke field tujuan di table lain yang ingin dibuat relasi. Misalnya table pemasok dan table barang. Akan muncul dialog Edit Relationships

  • Beri centang pada ketiga pilihan dimana bila anda melakukan perubahan atau menghapus pada table induk (pemasok), maka pada table lain juga akan terhapus (barang).
  • Klik Create, maka akan muncul relasi dari table pemasok ke table barang.

  • Lakukan hal yang sama terhadap tabel-table lain yang ingin dibuat relasi. Klik   untuk keluar, akan muncul pesan untuk menyimpan relasi, klik Yes

No comments: