KOMUNIKASI DALAM KEHUMASAN
Pada tanggal 18 Maret 2014, Saya menghadiri pelatihan kehumasan yang diadakan oleh KSR Unit Universitas Sebelas Maret di Aula LPPM. Pelatihan ini di selenggarakan sebagai media relawan KSR se Eks - Karisidenan Surakarta. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan kehumasan ini masing - masing relawan di bidang kehumasan KSR dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan. Salah satu materi kehumasan tersebut adalah sebagai berikut :
Komunikasi
Apakah
komunikasi itu? Komunikasi adalah bagian penting dari mempengaruhi orang lain
untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Dari semua pengetahuan dan keterampilan
yang anda miliki, pengetahuan dan keterampilan komunikasi termasuk diantara yang
paling penting dan berguna. J. A. Devito, 1997.
Kemampuan
berkomunikasi menunjukkan kemampuan mengirimkan pesan dengan jelas, manusiawi,
dan efisien, dan menerima pesan – pesan secara akurat. D. B. Curtis, 1992.
Fungsi Komunikasi
·
Mencapai pengertian satu sama lain
·
Membina kepercayaan
·
Mengkoordinir tindakan
·
Merencanakan strategi
·
Melakukan pembagian pekerjaan
·
Berbagi rasa
Komponen
apa sajakah yang ada dalam komunikasi?
·
Ide/Gagasan
·
Komunikator
·
Pesan
·
Media
·
Panca indra penerima
Humas
:
Seni
menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam
kepercayaan publik terhadap suatu organisasi.
Pemahaman dan
Kepercayaan
Fungsi
PR (S Black en Melvin L Sharpo, 1983)
·PR adalah ‘jalan penengah’ antara
organisasi dan publik internal ataupun eksternal.
·PR memelihara, mengembangtumbuhkan,
mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi
masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya masalah.
·PR bersama – sama mencari dan menemukan
kepentingan organisasi yang mendasar, menginformasikan kepada semua pihak yang
terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian, yang didasarkan pada
kenyataan, kebenaran, dan pengetahuan yang jelas, lengkap dan perlu
diinformasikan secara jujur, jelas, dan objektif.
Syarat
PR harus punya kemampuan :
1. Mengamati,
menganalisis persoalan
2. Menarik
perhatian
3. Mempengaruhi
pendapat
4. Menjalin
hubungan
5. Jujur,
Integritas tinggi, Loyal
Dalam
menjalankan tugas seorang humas harus peka, dewasa dan matang.
Humas harus bisa:
·
Memberikan informasi
·
Mendidik
·
Meyakinkan
·
Meraih simpati
·
Membangkitkan ketertarikan masyarakat
terhadap sesuatu.
Etika
Humas di PMI
1.
Komunikator yang baik untuk internal
maupun eksternal organisasi.
2.
Jujur (landasan utama).
3.
Menumbuhkan rasa sense of belonging pada
organisasi, pada karyawan.
4.
Menyampaikan informasi – informasi
penting terkait organisasi pada karyawan.
5. Menguasai teknik dan cara penanggulangan
kasus – kasus sehingga dapat memberikan keputusan dan pertimbangan secara
bijaksana.
6.
Berdedikasi pada profesinya
7.
Menaati kode etik humas
8.
Memegang teguh 7 Prinsip Palang Merah
Peran
Humas bagi publiknya
· Internal : Memastikan anggota atau
stafnya senantiasa terinformasikan mengenai perkembangan organisasinya dan
menciptakan suasana kondusif melalui rasa kepemilikan, motivasi kerja dan
pengabdian ; meyakinkan agar prosedur pelayanan dilakukan sesuai kaidah dan
manajemen organisasi yang transparan dan akuntable.
· Eksternal : Menampilkan “nilai jual” PMI
melalui kegiatan praktis kehumasan; menjajaki potensi perluasan jaringan
kemitraan organisasi; memperluas dan meningkatkan penyadaran publik secara
berkesinambungan.
No comments:
Post a Comment