July 24, 2014

Komunikasi dalam Kehumasan

KOMUNIKASI DALAM KEHUMASAN





         Pada tanggal 18 Maret 2014, Saya menghadiri pelatihan kehumasan yang diadakan oleh KSR Unit Universitas Sebelas Maret di Aula LPPM. Pelatihan ini di selenggarakan sebagai media relawan KSR se Eks - Karisidenan Surakarta. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan kehumasan ini masing - masing relawan di bidang  kehumasan KSR dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan. Salah satu materi kehumasan tersebut adalah sebagai berikut :  

Komunikasi
Apakah komunikasi itu? Komunikasi adalah bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan. Dari semua pengetahuan dan keterampilan yang anda miliki, pengetahuan dan keterampilan komunikasi termasuk diantara yang paling penting dan berguna. J. A. Devito, 1997.
Kemampuan berkomunikasi menunjukkan kemampuan mengirimkan pesan dengan jelas, manusiawi, dan efisien, dan menerima pesan – pesan secara akurat. D. B. Curtis, 1992.

Fungsi Komunikasi
·         Mencapai pengertian satu sama lain
·         Membina kepercayaan
·         Mengkoordinir tindakan
·         Merencanakan strategi
·         Melakukan pembagian pekerjaan
·         Berbagi rasa
Komponen apa sajakah yang ada dalam komunikasi?
·         Ide/Gagasan
·         Komunikator
·         Pesan
·         Media
·         Panca indra penerima
Humas :
Seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu organisasi.

Pemahaman dan Kepercayaan
Fungsi PR (S Black en Melvin L Sharpo, 1983)
·PR adalah ‘jalan penengah’ antara organisasi dan publik internal ataupun eksternal.
·PR memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya masalah.
·PR bersama – sama mencari dan menemukan kepentingan organisasi yang mendasar, menginformasikan kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian, yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran, dan pengetahuan yang jelas, lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas, dan objektif.

Syarat PR harus punya kemampuan :
1.      Mengamati, menganalisis persoalan
2.      Menarik perhatian
3.      Mempengaruhi pendapat
4.      Menjalin hubungan
5.      Jujur, Integritas tinggi, Loyal
Dalam menjalankan tugas seorang humas harus peka, dewasa dan matang.

Humas harus bisa:
·         Memberikan informasi
·         Mendidik
·         Meyakinkan
·         Meraih simpati
·         Membangkitkan ketertarikan masyarakat terhadap sesuatu.

Etika Humas di PMI
1.      Komunikator yang baik untuk internal maupun eksternal organisasi.
2.      Jujur (landasan utama).
3.      Menumbuhkan rasa sense of belonging pada organisasi, pada karyawan.
4.      Menyampaikan informasi – informasi penting terkait organisasi pada karyawan.
5.  Menguasai teknik dan cara penanggulangan kasus – kasus sehingga dapat memberikan keputusan dan pertimbangan secara bijaksana.
6.      Berdedikasi pada profesinya
7.      Menaati kode etik humas
8.      Memegang teguh 7 Prinsip Palang Merah

Peran Humas bagi publiknya
·  Internal : Memastikan anggota atau stafnya senantiasa terinformasikan mengenai perkembangan organisasinya dan menciptakan suasana kondusif melalui rasa kepemilikan, motivasi kerja dan pengabdian ; meyakinkan agar prosedur pelayanan dilakukan sesuai kaidah dan manajemen organisasi yang transparan dan akuntable.

·   Eksternal : Menampilkan “nilai jual” PMI melalui kegiatan praktis kehumasan; menjajaki potensi perluasan jaringan kemitraan organisasi; memperluas dan meningkatkan penyadaran publik secara berkesinambungan. 

No comments: