July 17, 2014

Pemrograman Berorientasi Objek

TUGAS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
“KOMPONEN GUI”
(Pengganti Praktikum)



13.5.00141 Wahyu Narimo
13.5.00163 Andika
13.5.00145 Adi kurniawan
13.5.00142 Puji Hastuti
13.5.00166 Evan krisna Budiarta
13.5.00154 Rizky Istanto
     Pembuatan antara muka (interface) pengguna berbasis GUI (Grapical User Interface) bertujuan agar user dengan mudah boleh menjalankan dan mengoperasikan sebuah aplikasi computer. Untuk membuat antar muka user berbasis GUI, java menyediakan 2 buah toolkit, yaitu;
1. AWT (Abstract Window Toolkit) yang terdapat didalam package java. Awt & Swing yang terdapat didalam package javax. swing.
2. Swing merupakan pengembangan dari Awt  dimana swing sepenuhnya dibuat dengan mengunakan bahasa java.
     Untuk menggunakan komponen GUI yang terdapat didalam package AWT, kita hanya perlu memahami kod import java.awt.*; manakala untuk menggunakan komponen GUI yang tersimpan didalam Package Swing, dengan klik pada kod import javax.swing.*;
     Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan diuraikan satu per satu pembuatan komponen GUI yang biasa digunakan dalam membina sebuah aplikasi desktop menggunakan pemrograman java.
·         Jframe
Sebuah langkah pertama dalam membuat program berbasis GUI,kita akan membuat sebuah frame. Frame merupakan komponen asas dalam membuat sebuah aplikasi berbasis GUI, dimana frame berfungsi sebagai container atau boleh dikatakan sebagai wadah untuk menampung komponen GUI lain,seperti komponen; Button, Tabel, Label, ComboBox, dll. Jadi, Tanpa adanya frame, kita tidak akan dapat menampilkan komponen Button, Tabel,Label, ComboBox, dll. Untuk membuat sebuah frame, kita memerlukan sebuah java class yang bernama  Jframe yang berada didalam package javax.swing.
·         Script Jframe
Import javax .swing .*;
public class tampilFrame extends  JFrame  {
            Public tampilFrame() {
            setSize(350, 100)
            setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE) ;
            setVisible(true) ;
}

public static void main(String[] args) {
            tampilFrame frameku = new tampilFrame () ;
}
}

·         Penjelasan kode program
Ø  Import javax.swing.*;
Dignakan untuk memanggil package swing agar program yang kita buat dapat menggunakan komponen - komponen yang berada didalam package tersebut. Salah satunya komponen JFrame tersimpan didalam package tersebut.
Ø  public class tampilFrame…()
tampilFrame merupakan nama class yang dibuat pada program tersebut. Dimana class tampilFrame mempunyai batasan akses yang bersifat public, sehingga dapat diakses dari mana saja. Aturan dalam pemberian nama class utama, yaitu nama class harus sama dengan nama file program.
Ø  Public tampilFrame() {…}
Pada program diatas terdapat sebuah constructor yaitu suatu bahagian program yang berfungsi untuk memberikan nilai atau status awal semasa program dijalankan .Aturan dalam pemberian nama constructor yaitu nama constructor harus sama dengan nama class utama program atau nama file program.
Ø  Extends JFrame
Pada kod program diatas terdapat extends JFrame yang ditulis disamping nama class utama. Dengan klik pada extends JFrame, bermaksud akan menggunakan class JFrame, yaitu sebuah class yang terdapat didalam package swing dan digunakan dalam menciptakan sebuah objek frame.
      Public class tampilFrame extends JFrame{
      …)
Ø  Super()
Digunakan untuk memberikan tajuk / judul  pada Frame.
Super(“Judul”);
Ø  setSize(Panjang,tinggi)
Digunakan untuk menetapkan ukuran panjang dan tinggi suatu frame, contohnya : setSize(300, 150); yang bermaksud frame tersebut mempunyai panjang 300 dan tinggi 150.
Ø  setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
Metode ini digunakan untuk menutup frame dan keluar dari program tanpa kita menekan tombol close yang terdapat pada frame. jika baris program tersebut kita hilangkan, frame yang tampil tidak dapat ditutup dan program akan terus berjalan. Metode ini diperkenalkan pada JDK versi 4 keatas.
Ø  Method setVisible(true)
Digunakan untuk mengatur apakah frame akan ditampilkan atau tidak semasa program dijalankan. Dengan menggunakan nilai true, Frame akan ditampilkan semasa program dijalankan.
Ø  Program Utama
Program utama merupakan bahagian dari kod program java yang diperlukan agar program dapat ditampilkan semasa program dijalankan. Pada kod program diatas, program utamanya yaitu;
      Public static void main (String[] args) {
                  tampilFrame frameku = new tampilFrame ();
}
Sebuah objek baru akan tercipta dengan nama frameku yang dibuat dengan menggunakan class utama program,yaitu tampilFrame.
Ø  Dengan menggunakan dimension dan cara setLocation (),kita bisa mengatur kedudukan frame sehingga kedudukannya tepat berada di tengah-tengah skrin monitor .
·         JPanel
Digunakan untuk membuat sebuah panel, dimana panel tersebut berfungsi sebagai container yang akan menampung berbagai jenis komponen seperti:label, button, textfield, table dll.
·         Script JPanel
Import.javax.swing.*;
public class tampilPanel wxtends JFrame {
            private JPanel panelku =  new JPanel();
            public tampilPanel() {
                        super(“Membuat Panel”);
                        panelKu.setLayout(null);
                        setSize(300, 100);
                        setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
                        getContentPane().add(panelKu);
                        setVisible(true);
}
public  static void main(String[]  args)  {
tampilPanel frameku = new tampilPanel () ;
}
}
·         Penjelasan kod program
Pada tampilan program diatas, bentuk dari objek panel tidak dapat anda lihat,kerana panel tersebut hanya digunakan untuk menampung dan mengatur tata letak (layout) komponen-komponen GUI.
Ø  JPanel panelKu = new JPanel();
Membuat sebuah objek panel dengan nama panelku.
Ø  Panelku.setLayout (null) ;
Mengatur layout panel  dengan nilai null sehingga pengaturan tata letak komponen yang akan diletakkan pada panel tersebut dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan cara setBounds().
Ø  getcontentPanel().add(panelKu);
Menambahkan obyek panel kedalam container frame dimana frame tersebut berfungsi sebagai container induk bagi objek panel.
·         JLabel
Digunakan untuk membuat sebuah label dimana label tersebut berfungsi untuk memberikan keterangan atau menjelaskan komponen Gui yang lain sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh user program.
·         JTextField
Merupakan salah satu komponen GUI yang  biasa digunakan untuk memasukkan data kekomputer dengan mengekliknya melalui keyboard. Untuk membuat sebuah Textfield, kita memerlukan sebuah kelas, yaitu JTextfield.
·         JButton
Digunakan untuk membuat sebuah button atau tombol,yaitu sebuah komponen yang berfungsi untuk melakukan input data dengan melakukan klik atau menekan tombol enter  pada keyboard.
·         JComboBox
Merupakan sebuah kelas pada swing yang berguna untuk membuat sebuah Combo Box. Combo Box akan menampilkan senarai item yang dapat dipilih oleh user. Sebuah event akan dihasilkan ketika sebuah item pada combo box dipilih.
·         JMenu
Kelas JMenu digunakann untuk membuat menu pull - down yang dapat digunakan untuk memanggil suatu form.suatu menu biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti: menu induk,submenu dan menu item. Untuk membuat menu secara lengkap,diperlukan beberapa komponen penyokong yang lain, seperti: JMenuBar, Jmenu, JMenuItem.


No comments: