TUGAS PEMROGRAMAN BERORIENTASI
OBJEK
“KOMPONEN GUI”
(Pengganti Praktikum)
13.5.00141
Wahyu Narimo
13.5.00163
Andika
13.5.00145
Adi kurniawan
13.5.00142
Puji Hastuti
13.5.00166
Evan krisna Budiarta
Pembuatan
antara muka (interface) pengguna berbasis GUI (Grapical User Interface) bertujuan
agar user dengan mudah boleh menjalankan dan mengoperasikan sebuah aplikasi
computer. Untuk membuat antar muka user berbasis GUI, java menyediakan 2 buah
toolkit, yaitu;
1.
AWT (Abstract Window Toolkit) yang terdapat didalam package java. Awt & Swing
yang terdapat didalam package javax. swing.
2.
Swing merupakan pengembangan dari Awt
dimana swing sepenuhnya dibuat dengan mengunakan bahasa java.
Untuk menggunakan komponen GUI yang
terdapat didalam package AWT, kita hanya perlu memahami kod import java.awt.*; manakala
untuk menggunakan komponen GUI yang tersimpan didalam Package Swing, dengan
klik pada kod import javax.swing.*;
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini
akan diuraikan satu per satu pembuatan komponen GUI yang biasa digunakan dalam
membina sebuah aplikasi desktop menggunakan pemrograman java.
·
Jframe
Sebuah
langkah pertama dalam membuat program berbasis GUI,kita akan membuat sebuah
frame. Frame merupakan komponen asas dalam membuat sebuah aplikasi berbasis
GUI, dimana frame berfungsi sebagai container atau boleh dikatakan sebagai
wadah untuk menampung komponen GUI lain,seperti komponen; Button, Tabel, Label,
ComboBox, dll. Jadi, Tanpa adanya frame, kita tidak akan dapat menampilkan
komponen Button, Tabel,Label, ComboBox, dll. Untuk membuat sebuah frame, kita
memerlukan sebuah java class yang bernama
Jframe yang berada didalam package javax.swing.
·
Script Jframe
Import javax .swing .*;
public class tampilFrame
extends JFrame {
Public
tampilFrame() {
setSize(350,
100)
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE)
;
setVisible(true)
;
}
public static void main(String[]
args) {
tampilFrame
frameku = new tampilFrame () ;
}
}
·
Penjelasan kode program
Ø Import javax.swing.*;
Dignakan
untuk memanggil package swing agar program yang kita buat dapat menggunakan
komponen - komponen yang berada didalam package tersebut. Salah satunya
komponen JFrame tersimpan didalam package tersebut.
Ø public class tampilFrame…()
tampilFrame merupakan
nama class yang dibuat pada program tersebut. Dimana class tampilFrame
mempunyai batasan akses yang bersifat public, sehingga dapat diakses dari mana
saja. Aturan dalam pemberian nama class utama, yaitu nama class harus sama
dengan nama file program.
Ø Public tampilFrame() {…}
Pada program diatas
terdapat sebuah constructor yaitu suatu bahagian program yang berfungsi untuk
memberikan nilai atau status awal semasa program dijalankan .Aturan dalam
pemberian nama constructor yaitu nama constructor harus sama dengan nama class
utama program atau nama file program.
Ø Extends JFrame
Pada kod program diatas
terdapat extends JFrame yang ditulis disamping nama class utama. Dengan klik
pada extends JFrame, bermaksud akan menggunakan class JFrame, yaitu sebuah
class yang terdapat didalam package swing dan digunakan dalam menciptakan
sebuah objek frame.
Public class tampilFrame
extends JFrame{
…)
Ø Super()
Digunakan untuk
memberikan tajuk / judul pada Frame.
Super(“Judul”);
Ø setSize(Panjang,tinggi)
Digunakan untuk
menetapkan ukuran panjang dan tinggi suatu frame, contohnya : setSize(300, 150); yang bermaksud frame
tersebut mempunyai panjang 300 dan tinggi 150.
Ø setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
Metode ini digunakan
untuk menutup frame dan keluar dari program tanpa kita menekan tombol close
yang terdapat pada frame. jika baris program tersebut kita hilangkan, frame
yang tampil tidak dapat ditutup dan program akan terus berjalan. Metode ini
diperkenalkan pada JDK versi 4 keatas.
Ø Method setVisible(true)
Digunakan untuk
mengatur apakah frame akan ditampilkan atau tidak semasa program dijalankan. Dengan
menggunakan nilai true, Frame akan ditampilkan semasa program dijalankan.
Ø Program
Utama
Program utama merupakan
bahagian dari kod program java yang diperlukan agar program dapat ditampilkan
semasa program dijalankan. Pada kod program diatas, program utamanya yaitu;
Public static void main
(String[] args) {
tampilFrame frameku = new
tampilFrame ();
}
Sebuah objek baru akan
tercipta dengan nama frameku yang dibuat dengan menggunakan class utama
program,yaitu tampilFrame.
Ø Dengan
menggunakan dimension dan cara setLocation (),kita bisa mengatur kedudukan
frame sehingga kedudukannya tepat berada di tengah-tengah skrin monitor .
·
JPanel
Digunakan
untuk membuat sebuah panel, dimana panel tersebut berfungsi sebagai container
yang akan menampung berbagai jenis komponen seperti:label, button, textfield, table
dll.
·
Script JPanel
Import.javax.swing.*;
public class tampilPanel wxtends
JFrame {
private
JPanel panelku = new JPanel();
public
tampilPanel() {
super(“Membuat
Panel”);
panelKu.setLayout(null);
setSize(300,
100);
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
getContentPane().add(panelKu);
setVisible(true);
}
public static void main(String[] args) {
tampilPanel frameku = new
tampilPanel () ;
}
}
·
Penjelasan kod program
Pada
tampilan program diatas, bentuk dari objek panel tidak dapat anda lihat,kerana
panel tersebut hanya digunakan untuk menampung dan mengatur tata letak (layout)
komponen-komponen GUI.
Ø JPanel panelKu = new JPanel();
Membuat sebuah objek
panel dengan nama panelku.
Ø Panelku.setLayout (null) ;
Mengatur layout
panel dengan nilai null sehingga
pengaturan tata letak komponen yang akan diletakkan pada panel tersebut dapat
dilakukan secara manual dengan menggunakan cara setBounds().
Ø getcontentPanel().add(panelKu);
Menambahkan obyek panel
kedalam container frame dimana frame tersebut berfungsi sebagai container induk
bagi objek panel.
·
JLabel
Digunakan
untuk membuat sebuah label dimana label tersebut berfungsi untuk memberikan
keterangan atau menjelaskan komponen Gui yang lain sehingga dengan mudah dapat
dipahami oleh user program.
·
JTextField
Merupakan
salah satu komponen GUI yang biasa
digunakan untuk memasukkan data kekomputer dengan mengekliknya melalui
keyboard. Untuk membuat sebuah Textfield, kita memerlukan sebuah kelas, yaitu JTextfield.
·
JButton
Digunakan
untuk membuat sebuah button atau tombol,yaitu sebuah komponen yang berfungsi
untuk melakukan input data dengan melakukan klik atau menekan tombol enter pada keyboard.
·
JComboBox
Merupakan
sebuah kelas pada swing yang berguna untuk membuat sebuah Combo Box. Combo Box
akan menampilkan senarai item yang dapat dipilih oleh user. Sebuah event akan
dihasilkan ketika sebuah item pada combo box dipilih.
·
JMenu
Kelas
JMenu digunakann untuk membuat menu pull - down yang dapat digunakan untuk
memanggil suatu form.suatu menu biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti:
menu induk,submenu dan menu item. Untuk membuat menu secara lengkap,diperlukan
beberapa komponen penyokong yang lain, seperti: JMenuBar, Jmenu, JMenuItem.
No comments:
Post a Comment